Jumat, 02 September 2016

Pengertian Perubahan Sosial Lengkap dengan Menurut Para Ahli

Perubahan Sosial adalah sebuah proses sosial yang terjadi dalam masyarakat mana pun sampai kapanpun. Perubahan sosial dan perubahan kebudayaan adalah dua proses perubahan yang serupa tadi tidak sama. Perubahan sosial menunjukkan pada perubahan perubahan pada struktur dan proses sosial termasuk konfigurasi sistem dan unsur-unsur sosial. Sementara yang di kenal sebagai perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi pada struktur kebudayaan seperti nilai, pola tindakan atau artefak. Telah banyak pendapat tentang perubahan sosial dalam masyarakat. Banyak Para ahli pula yang mendefinisikan pengertian perubahan sosial sebagai berikut :
  • Raja:
    Menurut Raja, pengertian perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakat di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi suatu sistem sosial.
  • Kingsley Davis:
    Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Darvis adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  • Mac Iver:
    Menurut Mac Iver, pengertian perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial.

  • Johon Lewis Gllin dan Jhon Philip Ghillin :
    Pengertian perubahan sosial menurut Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubhan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun dengan difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  • Emile Durkheim:
    Pengertian perubahan sosial menurut Emile Durkheim bahwa perubahan sosial dapat terjadi sebagai hasil faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyaakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
  • William F. Ogburn:
    Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn bahwa arti perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
  • Selo Soemardjan:
    Pengertian perubahan sosial meurut Selo Soemardjan adalah segala perubahan pada berbagai lembaga masyarakat dalam suatu lingkungan masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai sosial, sikap, pola perilaku antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • Samuel Koenig:
    Pengertian perubahan sosial menurut Samuel Koenig adalah modifikasi dari pola kehidupan masyarakat.
  • Karl Marx:
    Pengertian perubahan sosial menurut Karl Marx adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkemangan teknologi atua kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah. 
Disqus Comments